Begini Cara Mengadakan Aqiqah Secara Agama Islam

Aqiqah itu menandakan memutus serta melubangi, dan ada pun yang mengeluarkan bahwa akikah adalah sebutan bagi fauna yang disembelih, dinamakan demikian karena lehernya dipotong, serta dikatakan pula bahwa akikah merupakan serat yang untuk si budak ketika mengembol. Adapun maknanya secara syari’at adalah satwa yang disembelih untuk menutup bayi yang dilahirkan. Aqiqah adalah sembelihan yang disembelih untuk bani yang trendi lahir. Pengarang kitab Mukhtar Ash Shihhah mengatakan: " Al-'Aqiqah ataupun Al-'Iqqah memiliki arti adalah serabut makhluk yang baru dilahirkan, baik pribadi atau satwa. Dinamai juga daripadanya binatang yang disembelih untuk keturunan yang mutakhir lahir pada hari keseminggunya.

1. Rendah Hukumnya
Aqiqah hukumnya adalah sunnah muakkad, sekalipun pengampu dalam keadaan sulit. Aqiqah dilakukan oleh Rasulullah saw. dan getah perca sahabat. Berikut adalah hadits-hadits tentang mengakikahkan anak yang baru real.

1. Rasulullah saw saw. berkata:
“Setiap momongan tergadai dengan aqiqahnya, disembelihkan (kambing) untuknya pada hari ke tujuh, dicukur dan diberi nama” [HR Abu awud, no. 2838, at-Tirmidzi no. 1522, Rumpun Majah no. 3165 dll dari saki Samurah bin Jundub r. a.. Hadits ini dishahihkan oleh al-Hakim dan disetujui oleh adz-Dzahabi, Syaikh al-Albani dan Syaikh Abu Ishaq al-Huwaini dalam kitab al-Insyirah Fi Adabin Nikah hlm. 97]#@@#@!!.

2. Ashhabus Sunan memberitahukan:
Bahwa Nabi saw. meng-aqiqahkan Hasan serta Husain (cucunya dari Fathimah - pen) masing-masing seekor kambing qibasy.

3. Dan dari Salman bin Pelopor Ash-Dhabiey, jika Nabi saw. bersabda: "Untuk anak laki-laki aqiqahnya. paket aqiqah bandung Tumpahkanlah atasnya darah, dan hilangkanlah daripadanya kotoran serta najis. " (Riwayat Al-Khamsah).

4. Hadits dalam shahih Bukhari
Setiap anak bersama aqiqahnya, oleh karena itu sembelihlah satwa dan hilangkanlah gangguan darinya.

5. Hadits riwayat Duli Daud
Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam memerintahkan mereka agar beraqiqah dua upaya kambing yang sepadan (umur dan besarnya) untuk bocah laki-laki serta seekor kibas untuk bocah perempuan.

6. Hadits hal Malik serta Ahmad
Fatimah Binti Rasulullah SAW (setelah melahirkan Laksmi dan Husain) mencukur serabut Hasan & Husain kemudian ia beramal dengan perak seberat tolok rambutnya.

7. Hadits hal Abu Daud dan Nasai
Barang siapa diantara kamu ingin beribadah mengenai anaknya hendaklah dilakukan aqiqah untuk bani dua kontrol kambing yang serupa umurnya serta untuk bujang perempuan seekor kambing.

dua. Aqiqah Untuk Anak Laki-Laki & Anak Cewek
Yang afdhal untuk anak laki-laki disembelihkan dua ekor kambing/domba yang seiras dan umurnya bersamaan. Dan untuk budak perempuan 1 ekor.
Atas Ummu Karz Al-Ka'biyah mengatakan: Aku sempat mendengar Nabi saw. menitahkan:

" Untuk anak laki-laki dua ekor kambing yang serupa, dan untuk anak dara satu sudut. " Serta dibolehkan mono ekor domba untuk anak laki-laki. Rasulullawh saw. pernah mengerjakan yang demikian untuk Lembut dan Husain r. a., seperti pada hadits yang lalu.
“Dahulu kami dimasa jahiliyah apabila salah seorang diantara aku mempunyai bani, ia memotong kambing serta melumuri kepalanya dengan kadim kambing tersebut. Maka sehabis Allah mendatangkan islam, abdi menyembelih wedus, mencukur atau menggundul oknum si budak dan melumurinya dengan minyak wangi. ” [HR. Abu Daud juz 3 hal 107].

Di hadits lain yang berisikan tentang sejarah aqiqah yang diriwayatkan oleh Rumpun Hibban “Dari Aisyah ia berkata ‘Dahulu orang orang pada perihal jahiliyah apabila mereka beraqiqah untuk seorang bayi, tersebut melumuri randu dengan sundut aqiqah, dan kemudian ketika menjatuhkan rambut si bayi itu melumurkan di dalam kepalanya’. Dipastikan Nabi saw bersabda, ‘Gantilah darah tersebut dengan minyak wangi. ’” [HR Ibnu Hibban juz 12 hal 124].

3. Zaman Penyembelihan

1. Jika mengharuskan, penyembelihan dilangsungkan pada hari ke-7. Bila tidak, dipastikan pada hari ke-14. Meski yang demikian masih tidak memungkinkan, oleh karena itu pada hari ke-21 atas hari kelahirannya. Jika tetap tidak mengizinkan maka saat kapan aja. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Al-Baihaqi dikatakan:?????????????????????????????? "Disembelih pada hari ketujuh, dan pada hari ke-empatbelas, dan pada hari kedua persepuluhan satu. "
Rangkaian Berikutnya:
- Melepaskan anak identitas
- Membabat rambutnya.
- Bersedekah seberat timbangan rambutnya.

2. Sedangkan syarat satwa kambing yang dapat jadi aqiqoh itu sama secara syarat hewan qurban (kurban) sbb:
- Kambing: siap berusia 1 (satu) tahun dan merembes usia (dua) tahun.
- Domba: siap berusia 6 (enam) kamar dan menyerap bulan ke-7 (tujuh).
- Tidak mampu ada anggota badan hewan yang murba.
- Dagingnya tidak boleh dijual.

4. Bersamaan Sempang Qurban & Aqiqah.
Daripada sini terbit pertanyaan, ialah bolehkah memadukan niat aqiqah dan kurban? Bila sesuatu itu diperbolehkan apakah dengan otomatis kurban yang dikerjakan sekaligus mampu menggugurkan imbauan akikah? Mengenai hal itu ada dua pendapat:

Qurban yang ia tunaikan ini bisa sekaligus diniatkan aqiqah dan menyabot anjurannya. Ide ini adalah opsi yang disampaikan sama Mazhab Hanafi dan satu diantara riwayat Ahmad. Dari kurung tabi’in, Al-Hasan Al-Bashri, Rumpun Sirin, & Qatadah, sependapat dengan amatan ini. Tersebut berargumentasi, intisari kedua ibadah sama, yakni mendekatkan muncul kepada Allah swt. melalui sembelihan fauna. Keduanya bisa saling melengkapi dan menimbun. Kasus hukumnya sama begitu shalat tentu di Masjid disertai secara niat shalat sunah tahiyyatal masjid. Mantan mufti Arab Saudi, Syekh Muhammad bin Ibrahim, menolong opsi berikut.

Kedua kebiasaan itu bukan boleh disatukan dan tidak bisa menjatuhkan salah satunya. Qurban adalah qurban dan aqiqah adalah aqiqah. Pendapat berikut disampaikan oleh Mazhab Maliki, Syafi’i, & salah satu sejarah Mazhab Ahmad. Alasan yang mereka kemukakan, yaitu masing-masing dari akikah dan persembahan memiliki urusan yang bertentangan. Maka ini, satu kolektif lain tidak boleh digabung. Latar belakang dan motif papar kesunnahan kedua ibadah ini pun berseberangan. Jadi, sedikit tepat disatukan. Misalnya, kompensasi yang berlangsung di haji tamattu' & denda yang berlaku di fidyah.